ke halaman blog induk

pemoeda djawa, sampai sekarang masih dibikin oleh niemeyer





Saya bukan seorang kolektor maupun "kolekdol" [mengoleksi karya untuk dijual]. Saya hanya seorang pemulung, itu pun tak serius, bahkan hanya asal comot.

pemoeda djawa

Bagi saya, rasanya menyenangkan bisa memegang dan mengamati desain label dan kemasan yang kadang tak jelas siapa penciptanya itu. Mumpung kertas-kertas bergambar itu belum semakin tercecer, tercecer dan tercecer, sebagian saya selamatkan di sini saja.

Salam gombal,
kéré kêmplu





Sajian utama blog ini adalah gambar. Adapun teks itu hanya bualan, omong kosong, semata agar gambar tak kesepian seolah tak berkawan.

Meskipun begitu saya berterima kasih kepada para korban bualan yang mau buang waktu memberikan apresiasi khusus.


Nina Uletbulunaikdaun


Reference: Blog


"... it's a beautiful gallery..."




Bermula dari sini...




GOMBALKARTU:
Mainan lain mulai Agustus 2005







 
 






Jika Anda punya label dan kemasan yang menarik, boleh Anda kirimkan gambarnya ke saya, atau... hard copy-nya sekalian :) Jangan sungkan, saya memang pemulung. :D

dengan segala hormat anda saya larang tersenyum apalagi ketawa saat menatap gambar ini

Apakah mereka meng-update blognya?

<< October 2005 >>
Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
 01
02 03 04 05 06 07 08
09 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31


If you want to be updated on this weblog Enter your email here:


Contact Me

rss feed


14.10.05 | 01:28
Kue tanpa rasa delima



Ini bikinan Malang, Jawa Timur. Namanya kue koya. Rasanya manis. Berserbuk. Berbahan antara lain kacang hijau. Saya tak tahu sejak kapan ada. Ada yang bilang tahun 60-an sudah ada. Orang Malang mungkin bisa bercerita.

Yang khas dari koya adalah cara mengemasnya. Kue pipih bundar ini ditumpuk lima kemudian dibalut dengan kertas roti. Keunikan lain: dari kemasan sudah terasa aroma oriental, maksud saya Cina; sungguh bukti keragaman Indonesia. Warna merah, buah delima sebagai merek, nama perusahaan, dan tulisan Tau Sa Ko [saya tak tahu artinya; ada yang bisa membantu?]. Sebuah kecinaan yang tak takluk oleh paksaan Orde Baru untuk berganti nama yang "mengindonesia".

Ah, bukankah Indonesia merupakan sebuah adonan? Lebih mudah mengidentifikasi sesuatu itu "asli Jawa", atau "asli Bugis", ketimbang "asli Indonesia".

dark phoenix
April 17, 2009   10:25 AM PDT
 
hehehe kemarin saya lewat di dagang langganan, eh dia jual ini, sekalian saya beli banyak, tadi malam sekalian habis! OMG, this was my favorite snack when I was in elementary school. ga nyangka dijual lagi. Rasanya masih enak kayak dulu. reminds me of my bleak childhood (really dark and gloomy) as I consumed this when I was down.
yang enting segitiga ga dijual lagi kayak nya di Denpasar, kangen juga ama snack2 masa kecil...
fo3
January 26, 2009   02:13 PM PST
 
wehhh jadi gitu ceritanyaa
cemplon
December 4, 2007   09:20 PM PST
 
Oom, aku jadi ingat masa kecilku waktu di Solo. Dulu waktu SD (23 tahun yang lalu) aku sering jajan kue tao sa ko ini dan dimakan bareng2 teman2 kalau pas lagi istirahat sekolah. Sekarang aku udah kerja dan merantau di negeri orang...jadi kangen Indonesia saat melihat photo/gambar kue tao sa ko dan bungkus nya ini... Trims ya Om sudah mengingatkanku akan masa kecilku (yang cukup indah utk dikenang he he he..)
MJ
October 19, 2007   12:48 PM PDT
 
Untuk yang pingin nyicipin rasa kue koya ini, bisa dibeli di Alun Alun Indonesia, Grand Indonesia Lt.3 Jakarta
MJ
October 19, 2007   12:45 PM PDT
 
Kalo yang pingin nyicipin rasa kue koya, Bisa dibeli di Alun Alun Indonesia, Grand Indonesia Lt.3 Jakarta
Eyang
January 30, 2007   03:49 PM PST
 
Om... pengen banget ... itu kesukaanku ... beli dimana ya sekarang ?
koeniel
March 24, 2006   07:52 PM PST
 
:D jadi terkenang dulu pernah makan kue ini juga :)
dee
October 31, 2005   12:02 PM PST
 
Tau = kacang
Sa = tepung
Ko = kue

Tau Sa Ko = Kue dari tepung kacang (belum tentu Kacang Ijo, bisa saja kacang tanah)

tapi dalam kasus ini Kue Koya dari Kacang Ijo.
mpokb
October 21, 2005   04:26 PM PDT
 
enak. aye masih suka makan :)
eyi
October 19, 2005   06:05 PM PDT
 
duh, saya suka kue ini, nih! nyem nyem nyem...
oesoep835
October 19, 2005   11:12 AM PDT
 
yeee... belom kelar, kepencet eh nongol !!!

Tau Sa Ko = kue (roti) isi kacang ijo




oesoep835
October 19, 2005   11:06 AM PDT
 
Tau Sa Ko= kacang ijo
siberia
October 18, 2005   04:05 PM PDT
 
waah..ini koya aku dah lama nggak nyicipi :D
kalau makan ini harus siap2 sedia minum..krn sering lengket di gigi :P
Dewi
October 17, 2005   09:59 PM PDT
 
pak, koya ada di Bandung juga kan? cuma yang packagingnya unik macam niy cuma ada di Malang :). Kalo label batik2 lama tertarik gak pak?...kayanya dulu pernah nyimpenn deh hihihihi.
Mimi Hitam
October 14, 2005   10:01 AM PDT
 
pakde, belinya dimana sih..dah lama gak makan koya, kepingin :((
di Jakarta susah cari koya enak.
Oh iya enting2 gepuk segitiga itu belom pernah dibahas ya :) yang warna sama tekstur kertas pembungkusnya mirip koya delima ini lhooo...
|

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments




Previous Entry  Home  Next Entry
   


© Hak cipta gambar ada pada masing-masing pemilik, pemuatan di sini tanpa meminta izin, semata karena apresiasi terhadap karya dan keinginan untuk menyebarluaskannya . Maaf dan terima kasih untuk pemilik hak atas karya.

Terima kasih untuk semua orang yang telah menyumbangkan label dan untuk semua pihak yang telah mengabarkan keberadaan blog ini.

Desain oleh Masé, 18 Juli 2005

 

Blogdrive