Entry: Kue tanpa rasa delima 14.10.05





Ini bikinan Malang, Jawa Timur. Namanya kue koya. Rasanya manis. Berserbuk. Berbahan antara lain kacang hijau. Saya tak tahu sejak kapan ada. Ada yang bilang tahun 60-an sudah ada. Orang Malang mungkin bisa bercerita.

Yang khas dari koya adalah cara mengemasnya. Kue pipih bundar ini ditumpuk lima kemudian dibalut dengan kertas roti. Keunikan lain: dari kemasan sudah terasa aroma oriental, maksud saya Cina; sungguh bukti keragaman Indonesia. Warna merah, buah delima sebagai merek, nama perusahaan, dan tulisan Tau Sa Ko [saya tak tahu artinya; ada yang bisa membantu?]. Sebuah kecinaan yang tak takluk oleh paksaan Orde Baru untuk berganti nama yang "mengindonesia".

Ah, bukankah Indonesia merupakan sebuah adonan? Lebih mudah mengidentifikasi sesuatu itu "asli Jawa", atau "asli Bugis", ketimbang "asli Indonesia".

   26 comments

Mas Ivan
November 29, 2014   02:51 AM PST
 
Masa lalu yang jelas punya rasa dan kualitas bebeda dengan pewajahan terkini. Ya....saya pernah ngicipi si koya ini...
food
August 2, 2012   03:01 PM PDT
 
kue ini kan enakkk bgttt !!! sayang dah jarang yang jual !!!!
Arip
November 3, 2010   05:48 PM PDT
 
Tau = Anaknya
Sa = Nam Hien bernama We Kwang
Ko = Bajingan (tukang ngeciak).

HATI-HATI !!!
dark phoenix
April 17, 2009   10:25 AM PDT
 
hehehe kemarin saya lewat di dagang langganan, eh dia jual ini, sekalian saya beli banyak, tadi malam sekalian habis! OMG, this was my favorite snack when I was in elementary school. ga nyangka dijual lagi. Rasanya masih enak kayak dulu. reminds me of my bleak childhood (really dark and gloomy) as I consumed this when I was down.
yang enting segitiga ga dijual lagi kayak nya di Denpasar, kangen juga ama snack2 masa kecil...
ahmad
March 31, 2009   01:35 PM PDT
 
Nie jajanan waktu aye SD. Tapi sekarang juga masih ada di supermarket..tapi di warung2x ko udh ga da yah???
fo3
January 26, 2009   02:13 PM PST
 
wehhh jadi gitu ceritanyaa
yourshop.cc
December 4, 2008   02:38 PM PST
 
http://www.watchesforsale.us
jhatillreog
November 17, 2008   02:30 AM PST
 
klo di amsterdam bisa beli di toko oriental,zeedijk ,amsterdam
daerah lampu merah
pLuTo
June 8, 2008   07:27 PM PDT
 
wahhh pesen satu om
cemplon
December 4, 2007   09:20 PM PST
 
Oom, aku jadi ingat masa kecilku waktu di Solo. Dulu waktu SD (23 tahun yang lalu) aku sering jajan kue tao sa ko ini dan dimakan bareng2 teman2 kalau pas lagi istirahat sekolah. Sekarang aku udah kerja dan merantau di negeri orang...jadi kangen Indonesia saat melihat photo/gambar kue tao sa ko dan bungkus nya ini... Trims ya Om sudah mengingatkanku akan masa kecilku (yang cukup indah utk dikenang he he he..)
MJ
October 19, 2007   12:48 PM PDT
 
Untuk yang pingin nyicipin rasa kue koya ini, bisa dibeli di Alun Alun Indonesia, Grand Indonesia Lt.3 Jakarta
MJ
October 19, 2007   12:45 PM PDT
 
Kalo yang pingin nyicipin rasa kue koya, Bisa dibeli di Alun Alun Indonesia, Grand Indonesia Lt.3 Jakarta
Widiyanto
October 12, 2007   01:51 AM PDT
 
Tau Sa Ko artinya

Tau = Anakku
Sa = Penipu
Ko = Top
Eyang
January 30, 2007   03:49 PM PST
 
Om... pengen banget ... itu kesukaanku ... beli dimana ya sekarang ?
r3brina
April 5, 2006   02:09 AM PDT
 
aha!!!.... ini kesukaan suamiku... kalau pulang ke indo pasti baliknya beli kue ini.... Hmm..jadi kepengen... Suamiku namain kue ini Sand Cake.... abianya kayak pasir...hehehe
koeniel
March 24, 2006   07:52 PM PST
 
:D jadi terkenang dulu pernah makan kue ini juga :)
taufik
November 26, 2005   01:30 AM PST
 
boleh ga saya minta artikel kemasan kertas pada produk peternakan
dee
October 31, 2005   12:02 PM PST
 
Tau = kacang
Sa = tepung
Ko = kue

Tau Sa Ko = Kue dari tepung kacang (belum tentu Kacang Ijo, bisa saja kacang tanah)

tapi dalam kasus ini Kue Koya dari Kacang Ijo.
blungan
October 23, 2005   03:46 AM PDT
 
ebes-memes dulu ngendiko, Kuwe Koya Delima Tawon ini bisa bikin perut dingin. Jadi salah satu nyamikan yang dianjurkan. Kebetulan ayas akrab dengan kue satu ini.
mpokb
October 21, 2005   04:26 PM PDT
 
enak. aye masih suka makan :)
eyi
October 19, 2005   06:05 PM PDT
 
duh, saya suka kue ini, nih! nyem nyem nyem...
oesoep835
October 19, 2005   11:12 AM PDT
 
yeee... belom kelar, kepencet eh nongol !!!

Tau Sa Ko = kue (roti) isi kacang ijo




oesoep835
October 19, 2005   11:06 AM PDT
 
Tau Sa Ko= kacang ijo
siberia
October 18, 2005   04:05 PM PDT
 
waah..ini koya aku dah lama nggak nyicipi :D
kalau makan ini harus siap2 sedia minum..krn sering lengket di gigi :P
Dewi
October 17, 2005   09:59 PM PDT
 
pak, koya ada di Bandung juga kan? cuma yang packagingnya unik macam niy cuma ada di Malang :). Kalo label batik2 lama tertarik gak pak?...kayanya dulu pernah nyimpenn deh hihihihi.
Mimi Hitam
October 14, 2005   10:01 AM PDT
 
pakde, belinya dimana sih..dah lama gak makan koya, kepingin :((
di Jakarta susah cari koya enak.
Oh iya enting2 gepuk segitiga itu belom pernah dibahas ya :) yang warna sama tekstur kertas pembungkusnya mirip koya delima ini lhooo...

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments