Entry: Akhirnya jadi... 21.10.05



Sidodadi. Ini istilah Jawa yang sering dipakai untuk menamai usaha dagang. Bahkan pasar pun ada yang bernama Sidodadi. Artinya ya sebangsa "akhirnya jadi", "akhirnya terlaksana", "akhirnya terwujud". Untuk toko di Bandung ini, jelaslah maksudnya: akhirnya gandum dan tepung lainnya bisa menjadi roti dan "kuweh". Lihatlah, rak kacanya penuh berisi dagangan kan? Roti tawar yang dinampankan pun cukup besar ukurannya.

Bungkus plastik ini saya dapatkan dari Boit, atas jasa baik Ragilmungil [teng yu, Ci!]. Hanya bungkus, tanpa isi. Tak apa, itu sudah membahagiakan saya. Kebahagian itu semakin lengkap karena tak lama setelah pengiriman bungkus itu, Februari 2005, Boit akhirnya "sidodadi" menikah dengan lelaki pilihannya, tanpa paksaan, tekanan dan apalagi ancaman, di Bandung.

Dan tak lama setelah menikah, dalam hitungan beberapa bulan, Boit "sidodadi" hamil. Sekarang ini dia dan suaminya sedang menantikan kelahiran sang bayi, dan kabarnya sudah siapkan nama.

Artinya pasangan muda itu sudah mengikuti anjuran si bungkus plastik: jadilah peserta KB [lestari]. KB itu keluarga berencana. Family planning. Salah jika KB cuma diartikan secara sempit sebagai pencegahan kehamilan dan pembatasan jumlah kelahiran. Ingat, ada kata "rencana" kan? Waktu mereka masih pacaran pasti sudah omong-omong, "Nanti kalo kita punya baby blablabla...". Itu bagian dari rencana.

Lho, bukannya teks lengkapnya adalah "jadilah peserta KB lestari" — ada kata "lestari"? Ah, itu rencana nanti. Tapi kalau "buanglah sampah pada tempatnya", itu sih mulai kemarin.

Bikin dan jualan roti sambil menebar pesan, alangkah mulianya. Sama mulianya dengan penyumbangan plastik ini untuk saya — kendati hanya bungkus tanpa isi. Terima kasih, It! Sampaikan kepada juragan toko mengapa hanya ada satu "t" pada nama depan jalan.

   25 comments

fibroids cure
May 19, 2012   11:24 AM PDT
 
This is the beauty of blogs. one can post in any language and from anywhere.
Canada Viagra
June 28, 2011   11:23 PM PDT
 
Bungkus plastik ini saya dapatkan dari Boit, atas jasa baik Ragilmungil [teng yu, Ci!]. Hanya bungkus, tanpa isi. Tak apa, itu sudah membahagiakan saya. Kebahagian itu semakin lengkap karena tak lama setelah pengiriman bungkus itu, Februari 2005, Boit akhirnya "sidodadi" menikah dengan lelaki pilihannya, tanpa paksaan, tekanan dan apalagi ancaman, di Bandung.
Canada Viagra
June 28, 2011   11:23 PM PDT
 
Bungkus plastik ini saya dapatkan dari Boit, atas jasa baik Ragilmungil [teng yu, Ci!]. Hanya bungkus, tanpa isi. Tak apa, itu sudah membahagiakan saya. Kebahagian itu semakin lengkap karena tak lama setelah pengiriman bungkus itu, Februari 2005, Boit akhirnya "sidodadi" menikah dengan lelaki pilihannya, tanpa paksaan, tekanan dan apalagi ancaman, di Bandung.
zenis
March 4, 2011   01:02 PM PST
 
salam kenal,,,,
Cheyenne
September 21, 2010   07:18 PM PDT
 
I read this information with great pleasure. Thanks for such nice post!
miftahur
February 21, 2009   09:53 PM PST
 
Untuk Dapatkan Segalanya bisa klik
www.segalanya.webs.com
indonesian travel
February 16, 2009   01:31 PM PST
 
neng kene ra sido kawan...
wkwkk
Yusuf
November 29, 2007   10:29 AM PST
 
mas aku izin makai gambar bungkus sidodadinya ya. thanks
Arisan Internet Terbesar
November 9, 2007   05:47 PM PST
 
Maaf mengganggu.
Mari bergabung ke Arisan Internet Terbesar. Mudah,murah,tak perlu cari anggota. Sistem bekerja sendiri.Klik saja http://www.arisan-10.biz/?id=11243. Terima kasih.
blogger
August 24, 2007   02:52 PM PDT
 
niche blog. blogroll please dengan http://software-komputer.blogspot.com -- blog tentang kumpulan ramuan herbal untuk berbagai macam penyakit, moga bermanfaat. thanks.
ratih
December 23, 2006   01:36 AM PST
 
minggu lalo barusan sowan kesana..roti frans n roti horn-nya maaak nyuuusss...!
andrias ekoyuono
September 15, 2006   02:12 PM PDT
 
Hidup KB ! ...hehehehehe
kuntz
August 4, 2006   03:53 AM PDT
 
om,,, blog ini jadi ngingetin artikelnya mas Seno Gumiro tentang Wingko Babad di majalah Blank Magazine dulu, luengkap juga sih, sejarah perwingkoannya, mulai dari kereta api senja sampai kereta express,,,heheheh,,, tapi mas Seno nulisnya sama sukali gak lucu, gak kayan njenengan... sip lah
Bima
July 24, 2006   11:17 AM PDT
 
mbah... BI juga salah nulis di duit yg 20rb. 'T' juga cuman satu buat OTTO ISKANDARDINATA nya... :D
wongcico
June 12, 2006   01:53 PM PDT
 
sek tah .. sek tak ngguyu kekekekekke ...
koeniel
March 24, 2006   07:49 PM PST
 
kok toko kue di bandung namanya jawa banget ya....
baloemar
March 16, 2006   01:40 PM PST
 
KB relatif sudah berhasil dari jamannya pakde Harto, klo kondisi saat ini lebih cocok slogannya "turunkan tarif listrik dan bbm", bagaimana mbah?

baloemar
DalBOZ
March 7, 2006   10:56 AM PST
 
Lho, bukannya teks lengkapnya adalah "jadilah peserta KB lestari" ada kata "lestari"? Ah, itu rencana nanti. Tapi kalau "buanglah sampah pada tempatnya", itu sih mulai kemarin.

Relasi KB dg "sampah" koq paradox sekalee..... mbah ..!!
Emangnya kemaren mbuwang "sampah" tidak pada tempatnya ..... ???
Ternyata ... mbah juga masih doyan "jajan" yaaa..??
Elingo mbah sama anak cucumu ...
Bryan
February 24, 2006   11:52 PM PST
 
wah iya, mata Eyang masih jeli bgt.
kenapa 't'-nya nama depan jalan cuma satu ya? hehe..
Lucy
February 1, 2006   07:43 PM PST
 
sidodadi...
roti sedjak jaman dulu kala
kepikiran gak, kenapa ownernya gak ganti2 desain kantong plastiknya ???

...mmmm....mmmm...

ayo tebak !!!
kuntoro boga
December 1, 2005   12:42 PM PST
 
asal jangan .......dadi sido??? gak sukses dong hehehehhe...
boit
November 6, 2005   02:02 PM PST
 
eyaaaaaaaanggggggggggg!!!!!!!!!!!!! :p
dsw
October 25, 2005   01:30 PM PDT
 
kalo di bandung pengen cari roti gambang, silakan datang ke toko "sidodadi"... ditanggung sama lezatnya dengan roti gambangnya benyamin s. ... :)
mpokb
October 21, 2005   04:24 PM PDT
 
hweh.. kirain kalo makan ruti bisa punya bayi.. :D
kalo sidomuncul, yang muncul apaan yak?

Mimi Hitam
October 21, 2005   10:23 AM PDT
 
Kenapa pesannya gak ditambahin
"Hemat Pangkal Kaya"??
Hmmm...mungkin kalo pesennya kayak gitu takut tokonya gak laku ya :)

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments